Rutan Blora Ikuti Giat Sosialisasi Peningkatan Nilai Maturitas SPIP dan Implementasi Manajemen Risiko Kanwil Kemenkumham Jateng

    Rutan Blora Ikuti Giat Sosialisasi Peningkatan Nilai Maturitas SPIP dan Implementasi Manajemen Risiko Kanwil Kemenkumham Jateng
    Rutan Blora Ikuti Giat Sosialisasi SPIP dan Manajemen Risiko Kanwil Kemenkumham Jateng

    Semarang - Dalam upaya meningkatkan akselerasi dan komitmen pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah pada tahun 2024, diselenggarakan Sosialisasi SPIP dan Manajemen Risiko oleh BPKP serta Penguatan Pembangunan Zona Integritas. Acara ini berlangsung di Aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah. Kamis (25/01/2024)

    Acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Jateng, Tejo Harwanto, dan dihadiri oleh perwakilan BPKP Jawa Tengah, Tri Handoyo, seluruh Kepala Divisi di Kanwil Jateng, seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Kemenkumham Jateng, serta pejabat struktural di Kanwil Jateng. Turut serta juga perwakilan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Blora, diwakili oleh Kepala Rutan (Karutan) Budi Hardiono, Ketua Zona Integritas "Eko Prasetyo Hanggoro" dan Sekretaris Zona Integritas "Berrytya Santoso" Rutan Blora.

    Dalam pembukaan acara, Tejo Harwanto menyampaikan bahwa sepanjang Tahun 2023, Kemenkumham Jateng turut serta dalam pembangunan dan penegakkan hukum, pembangunan HAM, juga menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah Provinsi Jawa Tengah, dengan menghasilkan berbagai prestasi baik itu dari internal Kemenkumham ataupun dari pihak eksternal meliputi pelayanan publik, maupun di bidang administratif dan fasilitatif.

    Tri Handoyo dari BPKP Jawa Tengah kemudian menjadi narasumber, membahas mengenai inti dari seluruh instrumen SPIP dan Manajemen Risiko, dengan menekankan nilai Integritas. Menurutnya, pembangunan Zona Integritas dilakukan melalui pembentukan pilot di UPT sebagai Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, sehingga terbentuklah Reformasi Birokrasi yang baik serta memupuk budaya anti korupsi yang melayani publik dengan baik dan menjadi role model bagi UPT lain dalam meningkatkan pelayanan publik dan budaya anti korupsi.

    Kakanwil Jateng juga menyoroti kerjasama yang telah terjalin antara Kemenkumham dan BPKP Provinsi Jawa Tengah, mengapresiasi peran BPKP yang patut dihargai. Dia berharap kerjasama ini dapat terus ditingkatkan di tahun 2024 dan seterusnya.

    "Saya mengajak seluruh UPT di bawah naungan Kanwil Jateng untuk berkomitmen dan ikut serta dalam pembangunan zona integritas. Mari bersama-sama membangun integritas dengan merujuk pada SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 2008. Penerapan SPIP menjadi suatu kewajiban hukum bagi setiap instansi, melibatkan penilaian risiko, kegiatan peningkatan nilai maturitas SPIP, dan implementasi manajemen risiko." - Sambutan dari Kakanwil Jateng Tejo Harwanto.

    Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Blora, yang diwakili oleh Kepala Rutan (Karutan) Budi Hardiono, Ketua dan Sekretaris Zona Integritas, turut hadir secara langsung dalam acara tersebut. Dalam hal ini, Karutan Blora, Budi Hardiono, mengapresiasi jalannya acara yang menurutnya sangat penting dan menjadi perhatian yang wajib dijalankan oleh semua UPT, termasuk Rutan Blora. Menurutnya, pembangunan Zona Integritas serta penerapan SPIP sangatlah penting dan harus selalu dijaga komitmennya.

    "Alhamdulillah, acara berjalan dengan baik. Kami selaku perwakilan dari Rutan Blora turut mendukung penuh setiap arahan yang diberikan oleh Kakanwil Jateng yang terhormat, Bapak Tejo Harwanto, mengenai pembangunan ZI dan penggunaan SPIP. Bagi kami, melaksanakan arahan tersebut adalah suatu kewajiban dan sudah menjadi pedoman di UPT Blora dalam melaksanakan tugas, " ujar Budi.

    kumhamsemakinpasti kanwilkemenkumhamjateng rutanblora spip manajemenrisiko zonaintegritas
    Dheny Window

    Dheny Window

    Artikel Sebelumnya

    Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat,...

    Artikel Berikutnya

    Rutan Blora Ikuti Penguatan Pembangunan...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Irjen Pol Ahmad Luthfi; Jadi Polisi itu bukan sekedar Profesi namun salah satu jalan untuk mengabdi
    Prajurit TNI Koops Habema Respons Kebutuhan Penerangan Masyarakat Wilayah Papua
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Geger Penemuan Bayi Di Blora, Polres Blora Berhasil Amankan Pelaku Di Jepara
    Kepala Rutan Blora Ikut Serta di Acara Pisah Sambut Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng
    Sukseskan Program Koperasi, Koperasi Pengayoman Rutan Blora Laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)
    Integritas Satpam yang mengembalikan emas 500 gram milik penumpang di Stasiun Tawang mendapat apresiasi Kapolda Jateng
    Untuk Polda Jateng semakin baik melayani, Irjen Pol Ahmad Lutfhi mohon Doa dan Masukan  Masyarakat
    Sukseskan Program Koperasi, Koperasi Pengayoman Rutan Blora Laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)
    Kepala Rutan Blora Ikut Serta di Acara Pisah Sambut Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng
    Bertepatan HUT DWP Ke-24, Kemenkumham Jateng Guncang LPP Kelas II A Semarang dengan Aksi Kemanusiaan
    Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng di geruduk Ribuan warga Semarang  ikut NOBAR di Polda; kata Kapolda ini wujud cinta Masyarakat kepada Polri
    Cegah Gangguan Kamtib, Rutan Blora Ikuti Apel Siaga Nataru 2023/2024
    Kepala Rutan Blora Ikut Serta di Acara Pisah Sambut Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng
    Guna Menghadapi Hal Yang Berpotensi Mengganggu Keamanan Nasional, Tim Pora Jawa Tengah Gelar Operasi Gabungan
    Tingkatkan Keterampilan dan Kedisiplinan Petugas Rutan Blora, Sat Binmas Polres Blora Gelar Binkorpolsus
    Partisipasi Dalam Meramaikan Pemilihan Umum 2024, Rutan Blora Berkoordinasi Bersama KPU Blora
    Pertemuan Rutin DWP Rutan Blora, Adakan Pelatihan Pembuatan Spray Anti Nyamuk Alami dan Lilin Aromaterapi